Pages

Ads 468x60px

Sponsor

Jenis Soto Yang Ada Di Indonesia


1.Soto Medan

Yang membedakan dari soto lainnya soto medan pake kuah santan kuahnya kuning agak keputih-putihan.
Di dalam semangkuk soto Medan terdapat ayam suwir, kentang goreng dan telur rebus. Semua bahan makanan tersebut dicampur dan disajikan dengan kuah santan yang beraroma daun serai.


2.Soto Lamongan

Soto Lamongan makanan khas dari Jawa Timur yang sering anda lihat di pelosok kampung, shopping mall besar , Pujasera, Depot , dan di dalam pasar. Soto adalah makanan rakyat terutama di Surabaya, biasanya orang menyajikan diwaktu siang dan malam.

3.Soto Kudus

Soto Kudus adalah soto yang berasal dari Kudus. Soto Kudus terdapat dua jenis soto ayam dan soto kerbau dengan bahan tambahan dalam soto, suwiran ayam goreng, tauge, bawang merah goreng, seledri, dan bawang putih goreng.
Soto Kudus dalam penyajiannya memiliki tradisi dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi soto. Hidangan soto Kudus tidak hanya dapat ditemukan di Kudus, saat ini juga dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia.

4. Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.
Seperti halnya soto ayam, bumbu Soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.

5. Soto Padang

Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Selain di Kota Padang, Sumatera Barat, hidangan Soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran Padang di penjuru dunia.

6. Soto Madura

Soto Madura adalah jenis soto yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya.
Cara membuatnya adalah dengan merebus daging sapi dengan air secukupnya sampai matang(sisihkan).Masukkan bumbu yg telah dihaluskan bersama serei kedalam kaldu daging, dimasak hingga kuah mendidih.Kuahnya ditaburi daun bawang, daun seledri dan bawang goreng campur sedikit bawang putih.dihidangkan bersama-sama sambal soto dan irisan jeruk nipis.

7. Soto Betawi

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jerohan. Selain jerohan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, dan juga hati.

8. Soto Bandung

Soto Bandung adalah sejenis makanan tradisional Indonesia, terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, lobak, dan kedelai.

9. Soto Babat

Soto babat dapat ditemui hampir di seluruh kota besar Indonesia dan seperti namanya soto ini berbahan dasar babat atau jeroan sapi.

10. Soto Makasar (Coto Makassar)

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan "burasa". Saat ini Coto Mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran.

10 komentar:

  1. pertamax sob.
    wah ternyata banyak juga e nama soto di indonesia,
    keren sob.

    BalasHapus
  2. pengen nyobain soto padang nih gan, temen saya bilang kalo itu enak :D

    BalasHapus
  3. wah rupanya setiap ahri hunting soto nih sob,hehe

    BalasHapus
  4. wah rupanya jenis soto ini banyak juga yah, jadi kepengin nyoba nih...
    lezat sekali kayaknya sobat

    BalasHapus
  5. Wah yang namanya soto..., soto apaa aja, saya suka banget tuh sob...., jadi ngiler nih hehe. BTW blog cantik dan informatif. Bravo.

    BalasHapus
  6. cek lapak kaskus gan.. tambahin soto yg ane post di page one.. :D

    BalasHapus
  7. kuliner indonesia top semuanya

    BalasHapus
  8. saya dari malaysia.nampaknya saya harus biasakan diri dengan masakan Indonesia kerana saya bakal menikah dengan jejaka dari Medan... ^_^

    BalasHapus
  9. Good artickle, ijin share ya thx

    BalasHapus